02 Maret 2020 | Dilihat: 610 Kali
Pengurus KSBN Kaltim Periode 2020-2025 Dikukuhkan
noeh21
Foto : Penyerahan Pataka Kepada Pengurus KSBN Kaltim

NuStar - Kaltim
Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN),  Mayor Jenderal TNI (Purn) Drs. Hendardji Soepandji, S.H. menyampaikan, pengukuhan KSBN Provinsi Kalimantan Timur  memiliki arti dan makna yang sangat strategis, karena ini merupakan suatu wadah untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional, khususnya yang ada di Provinsi Kaltim.

Hal tersebut disampaikan  Ketua Umum KSBN  pada Pengukuhan Pengurus Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Kalimantan Timur Periode 2020-2025, yang berlangsung di Aula Ruhuy  Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (29/2/2020).

Ketua Umum KSBN Pusat, Mayjen TNI (Purn) Drs.Hendardji Soepandji,SH secara langsung mengukuhkan KSBN Provinsi Kaltim, dimana Kolonel (Purn) Donald Sitorus yang menjadi Ketua Umum KSBN Provinsi Kaltim.

“Pengukuhan ini dapat mendorong terbinanya persatuan dan kesatuan, komunitas seni budaya tradisional nusantara, karena tugas untuk memajukan seni budaya bangsa bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah, dunia usaha, masyarakat, serta para seniman dan budayawan,” ujar Mantan Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI, Mayjen TNI (Purn) Hendardji.

Hendardji mengingatkan, menjaga kelestarian seni dan budaya merupakan hal yang sangat penting dan mendesak, mengingat pesatnya perkembangan arus budaya mancanegara pada era globalisasi saat ini dapat mempengaruhi generasi muda bangsa ini, sehingga generasi muda secara perlahan akan terpengaruh dan seni budaya yang sudah diwariskan leluhur akan luntur dan punah.

“Saya berpesan kepada para pengurus yang baru saja dikukuhkan, untuk terus menggali dan mengembangkan seni budaya daerah dengan melibatkan masyarakat, khususnya para generasi muda. Ini bertujuan agar para generasi muda lebih mencintai budaya daerahnya sendiri yang tidak dimiliki bangsa lainnya,” kata  Hendardji.

Donald Sitorus juga menambahkan, pengembangan seni budaya suatu daerah juga merupakan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut, kita bisa melihat Bali sebagai contoh dimana para turis bukan hanya melihat keindahan pulau Dewata, melainkan juga tertarik dengan seni budaya yang ada.

“Mari kita bahu membahu dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional Provinsi Kaltim guna mempromosikan Kaltim ke tingkat nusantara dan mancanegara, sehingga secara perlahan seni budaya  Kaltim menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung,” pungkas Donald.

Sebelumnya, Donald  mengatakan, KSBN ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang mengangkat kearifan lokal di suatu daerah sesuai dengan undang undang nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Dimana, undang undang ini mengamanatkan bahwa penguatan nilai nilai tradisional harus dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan budaya.
“Undang undang ini menjadi landasan yang kuat bagi berkembangnya seni dan budaya pada suatu wilayah dalam membangun peradaban sesuai dengan kearifan lokal yang ada, terlebih lagi bagi Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki keindahan alam luar biasa dan beraneka ragam kearifan lokal didalamnya serta ditunjang dengan situs situs purbakala sejalan dengan sejarah masa lalu yang kuat,” kata Donald, pada akhir sambutan nya dengan menyanyikan lagu Alusi au yang langsung disambut joget seluruh Pengurus KSBN Kaltim.

Sekretaris Umum KSBN Provinsi Kaltim, Jerison Togelang mengucapkan terima kasih kepada Bapak Jederal Hendardji selaku Ketua Umum, bersama Sekjen KSBN Ibu Ir. Enny S Sardiyarso, MS yang telah datang ke Samarinda untuk mengukuhkan KSBN Provinsi Kaltim secara langsung, semoga ini menjadi motivasi tersendiri bagi para pengurus KSBN Provinsi Kaltim dalam memajukan seni budaya di Kaltim.

Terima kasih juga disampaikan kepada Ketua panitia pelaksana pengukuhan Bapak Drs. HM Guntur Msi  dan panitia lainnya atas terlaksananya acara pengukuhan dengan baik.

Terima kasih juga kepada  Musik tingkilan dan Tarian Jepen selamat datang  judul Jepen Tajong (sarung) Samarinda , Dari Yayasan Bina Seni Budaya Kaltim  asuhan Bapak Asrani R dan SANDIMA  ( Sandiwara Mamanda ) oleh Format grup Samarinda  Pimpinan Bapak Elansyah Jamhari.

Dan ucapan terima kasih yang tak terhingga juga disampaikan kepada seluruh pengurus KSBN Kaltim periode 2020-2025 atas kerja samanya sehingga acara pengukuhan berjalan lancar. “Ujar Bucek sapaan Jerison yang juga Ketua/pendiri Media Online Indonesia (MOI) Kalimantan Timur. (nustar.team)