09 November 2020 | Dilihat: 243 Kali
Disdikbud Kaltim Sukses Laksanakan Pagelaran dan Dialog Seni Budaya se-kalimantan Timur
noeh21
Peserta pegelaran yang berasal dari 8 kabupaten kota di Kaltim
NuStar - SAMARINDA 
Pagelaran dan Dialog Seni Budaya se-kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh Bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur sukses terlaksana, (9/11/2020).

Ketua panitia Yekti utami, S.Sen, M.Pd. dalam laporan nya menyampaikan Dalam upaya untuk memajukan kebudayaan di Provinsi Kalimantan Timur perlu diadakan kegiatan pagelaran yang dimiliki oleh masing-masing daerah untuk menampilkan seni budaya local. Karena itu Bidang kebudayaan sebagai fasilitator, mengadakan kegiatan pagelaran dan diskusi seni budaya sesama seniman untuk membicarakan perkembangan kebudayaan dalam menghadapi perubahan jaman. 

Dengan tujuan Memberikan wadah berkarya bagi seni dan seniman Kabupaten/Kota, Media untuk saling memperkenalkan keragaman seni dari tiap Kabupaten/Kota, Sebagai Acuan, dan memotivasi  pelaku seni dalam melestarikan (melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan seni budaya agar lebih inovatif dan kreatif serta menggali potensi.

Bertempat di UPTD Taman Budaya Prov. Kaltim  Jl. Kemakmuran No.30, Samarinda. Pagelaran dan Dialog Seni Budaya se-kalimantan Timur secara resmi di buka oleh Hj. Sofia Rahmi, SE, M.Si. Sekretaris Disdikbud Prov. Kaltim. dengan pemukulan gong tanda dibukanya kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur  dalam sambutan nya yang di wakili oleh Hj. Sofia Rahmi, SE, M.Si. Sekretaris Disdikbud Prov. Kaltim menyampaikan guna Memberikan wadah berkarya bagi seni  dan seniman kab/kota; Sebagai media untuk saling memperkenalkan keragaman seni dari tiap kabupaten/kota dan ; Seni sebagai aktualisasi Pendidikan dalam rangka pembentukan karakter sesuai dengan Cipta, Rasa dan Karsa yang harus dilakukan oleh para Seniman dan Guru-guru Seni Budaya yang berperan sebagai ujung tombak dalam upaya mempertahankan Kesenian Tradisional.

Adapun para peserta pegelaran berasal dari Pentas Seni Tingkilan Pesisir (Samarinda), Pentas seni Ronggeng Melayu (PPU), Pentas Seni Jepen Guntong (Bontang), Pentas seni Jepen Pesisir (Kukar), Pentas seni Kancet Lasan (Kutim), Pentas Seni Kancet Lasan(Mahulu), Pentas Seni Belian (Paser), Pentas Seni Belian (Kubar).

Laporan: Jerison Togelang