09 Juni 2020 | Dilihat: 172 Kali
Berbenah KSBN Kaltim, Dobrak Kreativitas !
noeh21
Foto: Zainal Dharma Abidin
Oleh : Zainal Dharma Abidin 
Dewan Pengawas KSBN Kaltim

NuStar - Kaltim
Setelah tatanan kenormalan baru (new normal) covid 19,  disarankan kepada seluruh jajaran Pengurus Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalimantan Timur yang terpilih dan telah dilantik 29 Pebruari 2020 di Aula Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim hendaknya mulai berbenah untuk program-program yang bermanfaat dan menyentuh tumbuh kembangnya Seni Budaya di Kaltim.

KSBN harus jadi motor penggerak yang mampu menjadi pendobrak kreativitas para Seniman dan Budayawan untuk wujud karya nyata dalam beraktivitas.

Untuk program jangka pendek membenahi manajemen Kesekretariatan KSBN Kaltim, dan mengfungsikan seluruh Pengurus yang potensial di Bagian/Bidang (Bagian Kerjasama, Bagian Humas, Bagian Litbang, Bagian Hukum & HAKI, Bidamg  Seni Tari, Bidang Seni Kuliner, Bidang Seni Suara/Musik, Bidang Seni Drama, Bidang Seni Rupa, Bidang Seni Sastra/Bahasa, Bidang Seni Olahraga/Permainam, Bidang Seni Film, Bidang Seni Situs).

Formulasikan melalui Raker (Rapat Kerja) KSBN Kaltim dan juga harus ada program unggulan seperti perlu nya mengadakan JAMBORE SENI KSBN Kaltim untuk tahun 2021.

Dimana dalam kegiatan jambore seni, kita bisa mendeteksi ragam kualitas karya yang unik dan berekspresi, artistik  dari seluruh kemampuan pengurus KSBN Kaltim.

Disamping Seniman dan Budayawan yang kreatif, Untuk tempat jambore seni harus bersifat alami, natural dan jauh dari kebisingan kota.

Seluruh peserta jambore wajib menginap semacam kemah seni  atau tempat yang sederhana tapi bersih, aman dan damai.

Selain diselingi ragam penyajian seni budaya, juga ada sarasehan seni dan dialog budaya yang mendatangkan pakar budaya yang kredibel, mumpuni dan berwawasan luas skala nasional maupun internasional.

Untuk makan minum peserta kita masak bersama seperti dapur umum yang peting dalam jambore ini ada magis kebersamaan, satu jiwa satu tujuan dalam pengabdian pemajuan seni budaya.

Waktu yang cocok  hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Dan untuk tahap awal  kita punya lahan yang bagus di perkebunan Km 25 Bpp/Smd, (pemilik lahan Bapak. Donald Sitorus  Ketua KSBN Kaltim ) bisa kita manfaatkan dan untuk tehnis jambore seni nanti kita rumuskan bersama . 

Program selanjutnya jangka panjang melakukan penelitian dan pendataan untuk perlindungan, pemotretan ragam jejak seni budaya Kaltim masa lalu, sekarang dan masa datang ( lalu/kini/nanti ) sehingga KSBN Kaltim punya peta yang jelas serta akurat tentang ragam budaya, baik pedalaman, kraton, pesisir dan kita/ urban ) . 

Gengsi kebudayaan nasional adalah fermentasi dari kebudayaan daerah dan budaya luar yang berwujud budaya Nusantara . 

Sehingga diperlukan konsistensi, kualitas dan kecakapan Pengurus KSBN dalam menapak langkah berlari untuk Seni dan Budaya Indonesia.

Dan langkah ini tidak berat jika seluruhnya peduli akan aktivitas kehidupan yang terindah bagi pengabdian.

Seniman dan budayawan yang penduli seni ketika ada nafas, kreativitas, aktivitas dan selagi ada jejak disitu kita berpijak, selagi ada kata disitu kita bermakna, dan pada baskara dan rembulan disitulah sinar keemasan. Salam wujud, Salam Budaya!

Komite Seni Budaya Nusantara, Yes.!Yes.! Yes.!