06 November 2020 | Dilihat: 206 Kali
Bandara Balingareng Sitaro Segera Diresmikan Presiden Jokowi
noeh21
Gubernur Olly Dondokambey dan Presiden Jokowi
NuStar - MANADO 
Upaya Olly Dondokambey menghadirkan Bandar Udara di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Provinsi Sulawesi Utara berbuah manis.

Setelah menelan anggaran Rp 440 miliar, Presiden Joko Widodo akan meresmikan secara virtual Bandara Balirangeng Sitaro, bersamaan dengan 6 Bandara lainya se Indonesia, 10 November 2020, bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Peresmian dipusatkan di Toraja, Provinsi Sulsel Kepala Dinas Perhubungan Sulut, Lynda Watania mengatakan, Bandara Balirangeng ini bisa dibangun hingga siap beroperasi, tak lain atas peran dari Gubernur Sulut definitif, Olly Dondokambey.

Bandara Balirangeng ini tak hanya sekadar memperlancar arus penumpang dari dan menuju Sitaro, lebih jauh dari itu terkoneksi dengan rencana ekspor komoditi Sulut langsung ke luar negeri yang digagas Olly Dondokambey.

"Sitaro memiiki potensi perikanan di samping potensj lainnya, adanya Bandara Balirangeng ini maka terkoneksi dengan Bandara Sam Ratulangi sebagai port ekspor langsung ke Jepang," kata dia.

Dari Sitaro pasokan akan lebih lancar sehingga menambah kuota ekspor yang masih terus ditingkatkan. Sehingga Sitaro bisa berkontribusi dalam ekspor.

Lynda mengatakan, potensi perikanan ini jika menggunakan jalur laut memakan waktu, maka jalur transportasi udara hanya membutuhkan beberapa jam sampai ke negara tujuan.

Dwi Ariyanto Kepala Bandara Naha Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe mengungkapkan, Bandara Balirangeng Sitaro langsung diminati perusahaan maskapai.

Setidaknya dua perusahaan siap beroperasi di Bandara Balingareng yakni PT Enggang dan Evia Sindo.

Panjang Bandara Balingareng 1.325 meter, dengan lebar 30 meter.
Luas terminal 600 m2 bisa menampung 17.000 penumpang per tahun.

"Kita akan coba bersama operator maskapai untuk kelayakan penerbangan," kata dia.(nustar.team)