21 Juni 2020 | Dilihat: 209 Kali
Selamat Ulang Tahun ke-59, Presiden Jokowi!
noeh21
Presiden Joko Widodo

NuStar - Jakarta 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun hari ini. Pada hari ini, 59 tahun yang lalu Jokowi lahir di Solo, Jawa Tengah (Jateng).
Presiden ke-7 Republik Indonesia itu lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Suami dari Iriana ini dilahirkan pada 21 Juni 1961.

Ini merupakan tahun keenam Jokowi memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kali ini dia didampingi KH Ma'ruf Amin yang menjabat sebagai Wakil Presiden.

Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden RI setelah memenangi Pilpres 2019 lalu. Sembilan partai yang mendukungnya memenangi Pilpres 2019 yakni PDIP, Golkar, PPP, NasDem, PKB, PSI, Perindo, Hanura, dan PKPI.

Sebelumnya, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Jokowi menjadi Presiden sejak tahun 2014. Saat itu dia berpasangan dengan politikus senior Golkar, Jusuf Kalla.

Jokowi awalnya adalah pengusaha mebel. Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini kemudian mengawali karier di dunia pemerintahan dengan menjadi Wali Kota Surakarta.

Jokowi menikah dengan Iriana di Solo, pada tahun 1986. Pasangan ini memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Jokowi sudah dikaruniai tiga orang cucu yakni Jan Ethes Sri Narendra, Sedah Mirah dan La Lembah Manah.

Pada tahun lalu, Jokowi mendapat beberapa kejutan di hari ulang tahunnya ke-58. Jokowi juga sempat diberi kue ulang tahun lengkap dengan lilin, namun dia tak meniup lilin tersebut

Sambil tersenyum, Jokowi mengucapkan terima kasih namun dia menegaskan dirinya tak pernah merayakan ulang tahun.

"Saya itu tidak pernah merayakan ulang tahun, jadi jangan ada yang mengulangtahuni," kata Jokowi tersenyum.

 

Dia mengibaskan telapak tangan kanannya ke arahan lilin kecil itu hingga api di lilin itu padam. Jokowi pun tertawa. Para wartawan dan tamu lain di restoran itu bertepuk tangan.

Wartawan kemudian menanyakan harapan Jokowi untuk bangsa ke depan, berkenaan dengan hari ulang tahunnya ini.

"Ya kita ini harus mulai merenung apa yang harus kita kerjakan untuk bangsa ini 5 tahun ke depan. Tentu saja koreksi-koreksi yang akan kita kerjakan. Yang sudah dikerjakan 5 tahun yang lalu dikoreksi, dievaluasi kemudian ke depannya kita perbaiki," kata Jokowi. (nustar.team)