21 Mei 2020 | Dilihat: 10 Kali
SA’BANI : BANTUAN DISALURKAN SEBELUM HARI RAYA
noeh21
NuStar - Samarinda
Penjabat (Pj) Sekprov Kaltim H Muhammad Sa’bani  mengatakan  Pemprov Kaltim  mengupayakan sesegara mungkin  menyalurkan bantuan sosial  masyarakat sebelum Hari Raya Idul Fitri  1441 H kepada masyarakat yang  terdampak Covid-19. 

Beberapa hari ini kata Sa’bani, para petugas sedang melakukan sinkronisasi dan verifikasi data  agar tidak terjadi tumpang  tindih. 

“Penyaluran sudah bisa dilakukan untuk data yang selesai diverifikasi,” kata Muhmmad Sa’bani saat membuka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim secara virtual yang dilaksanakan  di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (19/5/2020). 

Sa’bani mengatakan selain bantuan dari APBD Kaltim,  pemerintah pusat telah meluncurkan lima komponen  bantuan masyarakat  melalui dana  APBN  yaitu Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Lansung Tunai (BLT), Kartu Prakerja  dan bantuan dari Dana Desa. 

“Dari semua program bantuan tersebut semuanya memerlukan data. Termasuk rujukan  kita, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)  ternyata masih perlu diverifikasi, karena memang ada perubahan-perubahan  dari data itu sendiri. Dengan waktu  terbatas ternyata pendataan  yang dilakukan tidak semudah yang dibayangkan,” tandasnya. 

Sementara di sisi lain, lanjut Sa’bani  pemerintah kabupaten/kota juga mengalokasikan dana untuk bantuan sosial masyarakat, sehingga diupayakan sedemikian rupa agar tidak terjadi duplikasi. Bahkan data ganda pun ditemukan. Hal itu sering terjadi dan tidak bisa dihindari karena ada data yang belum clear  banyaknya data  dan banyaknya bantuan. Padahal seharusnya data sinkron lebih dulu, baru dilakukan penyaluran.

“Mengingat sumber  data  ada dari kabupaten/kota, maka kita tetap merujuk ke kabupaten/kota  yang sudah diakomodasi  melalui DTKS. Sementara  di luar DTKS kita coba verifikasi supaya betul-betul tidak terjadi tumpang tindih,” tegas Sa’bani.

Karena itu, berbagai program bantuan ini akan disalurkan secara bertahap. Data clear sebelum Hari Raya Idul Fitri, sehingga bantuan bisa segera disalurkan.

(Team)