15 Juni 2020 | Dilihat: 255 Kali
KASUS SEMBUH COVID-19 DI KALTIM TAMBAH 12
noeh21
Dok.humaskaltim
NuStar - Kaltim
Meskipun penyebaran Covid-19 masih terjadi, namun kabar menyejukkan juga diterima karena jumlah kasus pasien Covid-19 yang sembuh di Kaltim makin bertambah  setelah menjalani perawatan. Hari ini, Ahad (14/6) jumlah pasien sembuh bertambah 12 kasus, dengan rincian Berau 8 kasus, Kutai Barat 1 kasus, Kutai Kartanegara 1 kasus dan Balikpapan 2 kasus. 

"Kepastian sembuh tersebut didapat dari 2 kali hasil negatif dan pemeriksaan klinis sudah dalam kondisi yang sangat baik, sehingga pasien sudah diperbolehkan pulang ke rumah. Dengan tambahan 12 kasus sembuh maka total pasien sembuh menjadi 261 kasus di seluruh Kaltim," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim ini mengatakan upaya relaksasi atau kelonggaran akitifitas di beberapa sektor yang akan dilakukan pemerintah daerah kabupaten dan kota di Kaltim harus iimbangi dengan perencanaan yang terstruktur dan terarah, serta dibarengi dengan mekanisme pengawasan yang ketat. 

"Kebiasaan baru harus diikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang tentunya harus diiringi dengan upaya kepatuhan dan kedisiplinan yang lebih ketat," kata Andi Muhammad Ishak. 

Andi M Ishak menyebut beberapa tempat yang memang harus menerapkan protokol kesehatan dan perlu pengawasan ketat dalam kehidupan normal baru, diantaranya tempat usaha, tempat sosial, tempat pendidikan dan perkantoran.

Pemerintah daerah juga harus memperhatikan jam operasional tempat-tempat tersebut, khususnya di pasar tradisional maupun pasar modern. 

"Mudah-mudahan saja sudah dipersiapkan . Bagi pengelola usaha maupun pedagang baik dipasar modern/pasar tradisional maka wajib memakai masker, bila perlu memakai face shield atau pelindung wajah, serta menggunakan sarung tangan ketika melakukan transaksi jual beli dengan pembeli.

Menyediakan tempat cuci tangan. Menjaga kehigienisan tempat dan barang-barang yang dijual. Bisa mengatur jarak aman ditempat usahanya," jelasnya. 

Perkembangan kondisi penyebaran Covid-19 di Kaltim pada Ahad, 14 Juni 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 11.438 kasus, dengan rincian selesai pemantauan 10.897 kasis dan masih dalam pemantauan 541 kasus.

Untuk distribusi kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium total sebanyak 2.243 kasus, dengan rincian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 799 kasus, Orang Tanpa Gejala (OTG) 1300 kasus dan ODP 144 kasus. 

Sementara, distribusi kasus berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, terkonfirmasi positif 378 kasus, negatif 1.054 kasus,probable 1 kasus dan masih menunggu proses 810 kasus.

Jumlah pasien sembuh 261 kasus, meninggal 4 kasus dan masih dirawat 113 kasus. (nustar.team)