01 Agustus 2020 | Dilihat: 76 Kali
Gubernur Isran Serahkan Sapi Presiden Jokowi ke Islamic Center
noeh21
Gubernur Kaltim Isran Noor saat menyerahkan sapi kurban dari Presiden Jokowi ke pengurus Masjid Islamic Center Samarinda
NuStar - Kaltim
Mewakili Presiden Jokowi,  Gubernur Kaltim  Isran Noor, Sabtu (1/8) menyerahkan sapi qurban Presiden kepada  Haji Awang Darma Bakti – Ketua Pengurus Yayasan Masjid Baittul Muttaqien Islamic Center Kaltim.

Sapi yang diserahkan Gubernur Isran jenis limosin dengan berat 986 Kg yang dibeli dari peternak di Samarinda. Sapi yang kini berhasil dikembangbiakan di Samarinda, ini merupakan sapi terbesar yang akan dipotong panitai kurban Islamic Center.

Datang bersama Wagub Hadi Mulyadi, orang nomor satu di Pemprov Kaltim ini mengajak masyarakat Kaltim  untuk meningkatkan kepedulian dan saling berbagi terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dalam perayaan Idul Adha 1441 Hijriah.

Idul Adha, kata Isran,  memiliki makna yang dalam bukan hanya sekedar ritual menyembelih hewan kurban, namun terdapat teladan yang dicontohkan Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail, dalam mematuhi perintah Allah SWT.

“Hari Raya Idul Adha menjadi pengingat untuk kita selalu membantu orang lain. Idul Adha mengajarkan kita senantiasa berbagi, mari kita bangkit memerangi dan mengakhiri pandemi Covid-19 dengan selalu taat dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” kata Isran Noor.

Ia  menambahkan banyak masyarakat terdampak di masa pandemi virus corona, khususnya masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Kondisi ekonomi yang belum stabil ini menjadi momen baik saling berbagi.

Selain itu, lanjut Isran Ibadah kurban bisa menjadi bukti kepekaan sosial masyarakat yang mampu secara ekonomi terhadap yang miskin.
Kurban semakin memberikan kesadaran diri, bahwa harta yang dimiliki bukanlah mutlak milik kita.

“Saling bantu antar warga, kehidupan sosial bisa berjalan kondusif dan tenteram tanpa konflik. Momentum Hari Raya Idul Adha, diharap pihak yang mampu bisa membantu ekonominya lemah, khususnya mereka yang terdampak Covid-19, sehingga mereka bisa bangkit kembali dari keterpurukan,” pesannya.

Sementara  Ketua Yayasan Masjid Islamic H Awang Dharma Bakti mengatakan tahun ini jumlah hewan qurban yang disembelih sebanyak 21 ekor sapi dan 14 ekor kambing. Hewan kurban tersebut  dibagikan  kepada warga Kelurahan Teluk Lerong, Karang Asam dan Kelurahan Karang Anyar. “Kesemuanya sekitar Islamic Center,” terang mantan Kadis PU Kaltim ini.(dk)