26 Juni 2020 | Dilihat: 1123 Kali
GUBERNUR INGATKAN BSM BUKAN UNTUK BELI PULSA, PER KK TERIMA RP750 RIBU UNTUK 3 BULAN
noeh21
Foto : Gubernur Isran Noor menyerahkan kartu ATM kepada penerima BSM di Balikpapan
NuSTar - Kaltim
Bantuan Sosial Masyarakat (BSM) bagi warga terdampak Covid-19 di Kaltim mulai disalurkan. Kamis (25/6), giliran warga Balikpapan.

Bantuan diserahkan langsung  Gubernur Kaltim H Isran Noor di Dome Balikpapan.
 
Kepada para penerima bantuan Gubernur Isran Noor mengingatkan agar bantuan dari pemerintah, termasuk BSM tidak disalahgunakan. 

Bantuan dana segar dari Pemprov Kaltim bernilai total Rp750 ribu untuk April, Mei  dan Juni itu harus benar-benar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Bantuan harus digunakan untuk keperluan keluarga. Jangan untuk karaoke atau beli pulsa,” tegas Isran saat memberi arahan pada penyaluran BSM bagi warga terdampak Covid-19 di DOME Balikpapan.
 
BSM bersumber dari APBD Kaltim 2020. Dana ini hasil recofusing anggaran kegiatan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Kaltim.

“Bantuan ini bentuk kepedulian dan empati dari Pemprov Kaltim kepada saudara-saudara saya yang terdampak pandemi Covid-19.

Tentunya harapan saya sebagai pemimpin daerah, bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan dapat membantu meringankan beban hidup masyarakat terdampak,” harap Isran.
 
Di tempat yang sama, Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Kaltim atas perhatian yang diberikan kepada warga Kota Balikpapan.

“Alhamdulillah, selain BSM ini, Pemprov Kaltim juga telah memberikan bantuan dalam bentuk lain, seperti beras untuk 11 ribu kepala keluarga (KK), juga bantuan bagi pelaku UMKM. Secara keseluruhan bantuan Pemprov Kaltim menyasar 50 ribu warga Balikpapan terdampak Covid -19,” ungkap Rizal.

Sementara itu Plt Dirut Bankaltimtara M Yamin berterimakasih kepada Pemprov Kaltim karena telah memberi kepercayaan sebagai penyalur BSM untuk sejumlah kabupaten/kota di Kaltim, termasuk Balikpapan.

Jumlah penerima keseluruhan mencapai lebih dari 28.000 orang.
“BSM disalurkan secara non tunai.

Setelah mendapatkan kartu ATM, warga bisa langsung menarik tunai di ATM Bankaltimtara tanpa dipotong pajak,” sebut Yamin. 

Dalam acara tersebut, selain menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat, Gubernur secara simbolis juga menyerahkan bantuan berupa kartu ATM kepada perwakilan warga penerima bantuan.

Kegiatan penyaluran BSM dihadiri Kepala Dinas Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma, Kasatpol PP I Gede Yusa, Kabiro Kesra Elto, Kadis Sosial Balikpapan Purnomo, serta jajaran pejabat lingkup Pemkot Balikpapan. (ogie)