13 Januari 2021 | Dilihat: 32 Kali
Besok, Kaltim Melaksanakan Penyuntikan Vaksin Covid - 19
noeh21
NuStar - SAMARINDA 
Dipastikan besok, Kamis per 14 Januari 2021, Provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu daerah yang melaksanakan penyuntikkan vaksin Covid-19.

"Untuk Kaltim, pencanangan vaksinasi akan dilaksanakan besok, baik tingkat provinsi, Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara," kata Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Hj Padilah Mante Runa pada Jumpa Pers Vaksin Perdana Covid -19 di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Rabu 13 Januari 2021.

Vaksinasi lanjutnya, diberikan kepada 10 tokoh daerah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Antara lain, unsur pemerintah daerah, organisasi profesi dan lembaga di bidang Kesehatan serta organisasi keagamaan. 

Di tingkat provinsi tambahnya, dilakukan vaksinasi kepada Wakil DPRD Kaltim, Sekretaris Daerah, Pangdam, Polda, perwakilan Kejati dan Pengadilan Tinggi, Dinas Kesehatan, Direktur RSUD AW Syahranie, Plt Kapala Badan POM dan Ketua IDI Wilayah Kaltim.

Dijelaskannya, pencanangan vaksinasi Covid-19 secara Nasional akan dilaksanakan pada 13-15 Januari 2021 di seluruh provinsi dan kabupaten/kota yang telah mendapatkan distribusi vaksin dari Kementerian Kesehatan.

"Pencanangan telah diawali dengan pemberian vaksinasi kepada Bapak Presiden Joko Widodo, pagi tadi," ujarnya.

Rencana pelaksanaan vaksinasi pada tahap 1 termin 1 telah diterima vaksin Covid-19 sebanyak 25.520 dosis untuk 2 kali penyuntikan.

Dimana, untuk Kota Samarinda mendapatkan vaksin 12.960 dosis yang diperuntukkan bagi 6.355 nakes dan 10 orang tokoh.

Sementara Kabupaten Kutai Kartanegara mendapatkan vaksin 7.040 dosis yang diperuntukkan bagi 3.503 nakes dan 10 orang tokoh

Sisa stock vaksin 5.520 dosis, ungkapnya, disimpan di coldroom Dinkes Kaltim yang akan digunakan untuk 10 orang tokoh yang akan divaksinasi pada pencanangan 14 Januari 2021 dan sisanya menunggu arahan Dirjen P2P.

"Kabupaten dan kota yang belum mendapatkan distribusi vaksinasi pada termin 1 akan mendapatkan distribusi yang direncanakan pada Februari nanti," ungkap Padilah.[nustar.team]