04 Juni 2020 | Dilihat: 147 Kali
5 Juni New Normal Mulai Diterapkan Dibalikpapan, Pelayanan Publik dan Ruas Jalan Dibuka
noeh21
NuStar - Balikpapan
Pemerintah Kota Balikpapan memastikan mulai Jumat (05/06), kenormalan baru atau new normal mulai diterapkan. Hal itu disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kamis (04/06).

“Kita akan memulai beberapa kegiatan besok,” ujar Rizal.

Beberapa kegiatan yang memulai kegiatan diantaranya pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan mulai masuk kantor.

Kemudian rumah ibadah diperbolehkan melaksanakan ibadah, diantaranya Sholat Jumat.  

“Rumah ibadah dan pekerjaan pemerintahan juga mulai besok,”katanya.

Lalu sejumlah ruas jalan yang sebelumnya ditutup akibat pandemic covid-19, akan mulai dibuka beberapa. Termasuk juga fasilitas pelayanan pemerintahan. “Jalan juga akan dibuka, pelayanan publik,” sebutnya.

Selain itu lanjutnya, beberapa aktivitas kegiatan lainnya juga kini tengah dibahas. Termasuk kemungkinan pusat olahraga, pusat perbelanjaan. “Ini kita bahas hari ini, jadi apa saja besok yang akan dimulai,” ujarnya.

Sementara mengenai pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan yang akan masuk kantor, Rizal menuturkan, telah diatur pegawai yang akan mulai beraktivitas di kantor maupun yang tetap beraktivitas di rumah.

“Tetap 2 sistem organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengatur, ada yang bekerja di kantor ada yang bekerja di rumah,” tandasnya.

“Jadi ada yang beberapa kegiatan yang bisa dikerjakan di rumah, di rumah terutama yang berusia lebih tua dan memiliki kondisi kesehatan kurang bagus,” ujarnya.

Kata dia, bagi pegawai yang bertugas di pelayanan publik harus masuk kantor. Sementara yang berusia diatas 45 tahun yang dianggap rawan untuk sementara bisa melakukan pekerjaan dari rumah.

“Pelayanan publik harus di kantor.
Selama ini standarnya diatas 45 tahun, nanti yang mengaturnya masing-masing kepala OPD mana yang work from home (WFH) mana yang di kantor,” tukasnya. (nustar.team)