30 Mei 2020 | Dilihat: 56 Kali
1 Pasien Terdampak Covid19 Dinyatakan Sembuh
noeh21
NuStar - Penajam
Memasuki hari ke 69 dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten PPU Arnold Wayong didampingi Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU Jensje Grace Makisurat menyampaikan situasi terbaru perkembangan Covid-19 di Posko Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid19. Jum’at (29/05/2020).

Arnold Wayong yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU menjelaskan, kemarin tepatnya Kamis tanggal 28 Mei 2020 dari 3 orang yang dilakukan pemeriksaan Real Time PCR dan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter yang merawat 1 orang dinyatakan sembuh, 1 orang dinyatakan terkomfirmasi negative Covid-19 dan 1 orang pasien dinyatakan belum sembuh.

“Pasien yang dinyatakan sembuh tersebut masih merupakan bagian dari klaster Gowa yang sebelumnya telah menjalani proses pengobatan dan perawatan di Rumah Sakit Ratu Aji Putri Botung,” ungkap Arnold.

Tambah Arnold, mengenai pasien yang sembuh ini adalah pasien 18 yang berjenis kelamin laki-laki, berusia 36 tahun dari Desa Labangka Rt.09 Kecamatan Babulu yang telah menjalani pengobatan dan perawatan di RSUD Ratu Aji Putri Botung sejak tanggal 27 April 2020.

Pasien ini merupakan hasil penjaringan karantina mandiri tahap I dengan riwayat perjalanan dari Ijtima Gowa yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Dimana hasil rapid test pertama non reactive namun hasil rapid test kedua tanggal 27 April 2020 reaktif dan pasien ini juga sudah berulangkali dilakukan pemeriksaan PCR evaluasi dan terakhir diambil pemeriksaannya tanggal 18 dan 19 Mei 2020 dengan hasil negative, maka dengan ini dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Arnold juga menyampaikan informasi data terakhir dari tim surveilens dan data Dinas Kesehatan sampai hari ini jumlah kasus Covid19 di Kabupaten PPU ada 19 orang, yaitu 12 orang yang sudah dinyatakan sembuh dan 7 orang lagi masih dalam pengobatan serta perawatan.

Disela itu juga Arnold kembali menghimbau bahwa Kedisiplinan dan kesadaran kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan merupakan kunci utama menghadapi wabah Covid19, mari bersama-sama menjadi pahlawan kemanusian dengan bersatu melawan Covid19 dan tidak terpropokasi dengan informasi-informasi yang kebenarannya belum dapat dipastikan.

“Oleh karena itu, dalam masa pandemik ini saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat terutama kaula muda, kiranya terus dapat ikut berkontribusi dalam pencegahan Covid19 dengan tetap berkarya di rumah saja,”tutupnya. (team)