20 Mei 2020 | Dilihat: 38 Kali
Sitaro Mulai Disalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD)
noeh21
NuStar - Sitaro
Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) semua kecamatan di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai disalurkan, Senin (18/5/2020).

Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen, Wakil Bupati John Palandung, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Novyos Takalamingan, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Theo Umbas dan Camat Siau Timur Fabiola Papona di Kampung Karalung, Buise dan Dame Satu Kecamatan Siau Timur.

Kabag Prokopim Theo Umbas mengatakan bahwa penyerahan BLT-DD tersebut juga sekaligus sebagai simbolis untuk seluruh kampung di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Bupati Evangelian Sasingen menyampaikan, di Sitaro penyaluran BLT-DD sudah dimulai hari Senin ini dan diharapkan tuntas dalam pekan berjalan ini.

“Dalam hal ini saya menerima laporan dari kadis PMD dan Ketua Tim Verivikasi, data semua desa sudah rampung dan selesai diverifikasi. Untuk itu saya ingatkan agar BLT-DD ini benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para penerima. Jangan digunakan untuk beli rokok, pulsa, apalagi pasang togel,” tegas Evangelian Sasingen.

Ditambahkan, bantuan berupa uang tunai tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga berupa sembako dan hal lain yang bermanfaat dalam rangka ketahanan pangan keluarga selama masa Pandemi COVID-19 ini.

Sebelum peneyrahan, Bupati menyempatkan bertanya kepada Kapitalaung apa benar data yang ada tidak ganda.
Kapitalaung Karalung Riskal Emping spontan menjawab bawha data yang ada sesuai hasil verifikasi tidak ada nama ganda.

Sementara itu, Kadis PMD Novyos Takalamingan menuturkan bahwa pihaknya melakukan pengawasan terhadap penyaluran BLT-DD tersebut dengan menempatkan petugas di setiap kampung.
“Jangan salah penggunaan. Jika didapati tidak sesuai peruntukan, maka penerima saat ini bisa kena sanksi, karena ini uang negara,” ungkapnya.

Untuk diketahui bahwa penyaluran BLT-DD diatur oleh masing-masing kampung, dimana data penerima telah terlebih dahulu diverifikasi oleh tim di Kabupaten yang  diketuai oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Herry Lano.

(Team)