21 Mei 2020 | Dilihat: 15 Kali
Pemkab Sangihe Kembali Salurkan Bapok ke Ribuan KK yang Terdampak COVID-19
noeh21
Bupati Jabes Gaghana (kiri) pada giat penyaluran Bapok di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo
Nustar - Sangihe
Sedikitnya 1280 Kepala keluarga (KK) yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pada Selasa, (19/5/2020) menerima bantuan Bahan Pokok (Bapok) dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Bertempat di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo, bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME, berupa beras, telur, sagu, ikan, dan masker sebagai alat pelindung diri.

Dalam sambutannya, Bupati Jabes Gaghana mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe tetap memperhatikan dan tentunya terus berupaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan warga.

Bupati Gaghana mengajak pemerintah desa dan kecamatan benar-benar mengawal setiap bantuan yang diberikan agar tepat sasaran.

“Bantuan Bapok kali ini disalurkan kepada warga yang membutuhkan di beberapa kecamatan, masing-masing kecamatan Tahuna, Tahuna Timur, Tahuna Barat dan Tabukan Utara.

Masyarakat yang menerima adalah para pekerja tukang bangunan dan asisten tukang, sopir bentor dan ojek,” tutur Bupati Gaghana
Gaghana berharap agar bantuan yang diserahkan dapat meringankan kebutuhan masyarakat.

Selain itu, Gaghana juga mengatakan bahwa salah satu produk yang dibagi adalah produk pangan lokal yaitu sagu.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar para petani sagu juga memperoleh pendapatan.

“Bantuan yang sudah diserahkan termasuk produk pangan lokal kita yaitu sagu, agar supaya bisa masuk pendapatan petani di daerah kita.

Selain untuk tetap mencintai produk lokal, tentunya upaya pemerintah ini demi mendongkrak perekonomian masyarakat penghasil pangan lokal,” tukasnya

Bupati Gaghana menghimbau, kepada warga yang terdampak namun belum menerima bantuan, kiranya dapat bersabar, karena pemerintah tidak tinggal diam terkait keadaan akibat dari pandemi mematikan ini.

“Yang pasti, bantuan akan tetap diupayakan secepatnya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Pemerintah sangat mengerti jika masyarakat  apalagi pekerja Informal sangat merasakan dampaknya,”ujar Gaghana.

Pada kesempatan tersebut juga, tak lupu Bupati Gaghana kembali menegaskan kepada setiap warga yang baru datang ke sangihe atau para pelaku perjalanan untuk selalu mengikut anjuran pemerintah dengan melakukan isolasi di rumah singgah yang sudah disediakan di tiap wilayah.

“Hal ini tentu wajib dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah sangihe.

Mari kita jaga bersama agar daerah kita akan tetap aman hingga pandemi ini berakhir,” tandasnya.

Kegiatan penyaluran Bapok tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja Daerah (Disnkerda) Sangihe, Dokta Pangandaheng, Kadis Kelautan dan Perikanan Daerah Sangihe, Reinjte Tamboto, Kadis Sosial Daerah Sangihe,  Tdjudin Sainkadir, Kepala Satuan Pamong Praja Daerah Sangihe, Porkius Parera, serta beberapa pejabat di lingkup Pemkab Sangihe.

(Team)