07 Januari 2021 | Dilihat: 116 Kali
Bencana Alam Terjadi di Sangihe, BPBD Sulut Salurkan Bantuan
noeh21
Helikopter BPBD Provinsi Sulut Tiba di Sangihe Saat Menyalurkan Bantuan
NuStar - SANGIHE
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara merespon dengan cepat terhadap bencana alam yang terjadi dibeberapa titik di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara, Pemprov Sulut menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir dan longsor di Desa Laine, Kecamatan Manganitu Selatan.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulut yang dipimpin langsung Kepala BPBD Sulut Joi Oroh, datang mendistribusikan bantuan ke Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan menggunakan helikopter BNPB, yang bertolak dari Bandara Sam Ratulangi Manado ke langsung ke Kecamatan Manganitu Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Adapun bantuan yang disalurkan pada tahap pertama ini ialah bahan pokok berupa beras dan makanan siap saji seperti mi instan, serta perlengkapan darurat, antara lain matras, selimut, tikar plastik, tenda dan terpal gulung.

“Masih ada bantuan tahap berikutnya, akan ada penerbangan helikopter lagi untuk membawa bantuan langsung ke Sangihe.” Kata Kepala BPBD Sangihe, Rivo Pudihang. Kamis, (7/1/2021).

Semua bantuan yang diberikan oleh BPBD provinsi Sulut telah diterima secara langsung oleh Pemerintah Kabupaten melalui Kepala BPBD Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Kita menyambut baik bantuan ini, tentunya sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulut, sebagai bentuk kepedulian bagi masyarakat Sangihe.” Tutur Pudihang.

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Kepulauan Sangihe sejak akhir tahun 2020 hingga memasuki awal tahun 2021, telah menyebabkan tanah longsor sampai menutup akses jalan dibeberapa titik, bahkan banjir di Desa Laine, Kecamatan Manganitu Selatan yang menyebabkan ratusan keluarga terdampak bencana.(jfm)